Rabu, Maret 3, 2021
Beranda Tips Ban Tubeless dan Ban Tubetype, Ini Perbedaannya

Ban Tubeless dan Ban Tubetype, Ini Perbedaannya

Diatasroda – Ban tubeless dan ban tube type . Mungkin Brader, sebagaian hanya tahu perbedaaan ban, antara ban biasa ( yang memakai ban dalam ) atau ban tubeless yang tidak memakai ban dalam . Brader pasti tahu dan pernah lihat tulisan diantara ban milik brader, tertulis tubetype. Brader pikir itu ban tubeless juga ya? Ya memang agak mirip sih , tapi ternyata ban tube less dan ban tube tipe memiliki perbedaan , simak perbedaaanya ya Brader!

ban tubeless

Perbedaan pertama,  

Perbedaan pertama ada tulisan di dinding ban dengan tulisan tubless ( jika ini ban tubeless ) lalu jika di lihat dari kasat mata, bagian di dalam ban di lapisi karet ( inner Linner ) berfungsi sebagai pengganti ban dalam, jadi ban tipe ini cenderung lebih tebal dan keunggulan dari ban ini jika terkena benda tajam tekanan angin tidak langsung drop.

ban tubeless
Ban Tubeless – sumber IRC tire

Untuk ban tubetype ,tulisan tubetype terlihat di dinding ban , lalu  lapisan benang masih terlihat, dan ban tubetype ini jika terkena benda tajam akan langsung drop .

ban tubeless
Ban Tube Tire – Sumber IRC Tire

Perbedaan kedua, sudut kemiringan ban tube less lebih miring di bandingkan ban tubetype, fungsi kemiringan ini sebenarnya berfungsi agar ban melekat sempurna denga velg. Jadi inget ya brader, ban tubeless harus berpasangan dengan velg tubless juga.

ban tubeless
sumber IRC Tire

Ada informasi tambahan buat brader nih, pernah lihat tulisan di dinding ban menunjukan angka 40P . angka 40 menunjukan load index artinya ban tersebut mampu menanggung beban 140 kg sudah termasuk pasangan brader ya, kalau kegemukan suruh kurusin dikit . sedangkan hurup P menunjukan speed rating  yang artinya ban tersebut bisa di pacu hingga 150 km/jam.

ban tubeless

Perlu diingat brader, setiap ban menunjukan load index dan speed rating yang berbeda beda . berikut table informasi buat menjadi perhatian brader. Semoga bermanfaat buat kalian yang tidak hanya sembarangan membeli ban dan cermat mengetahui fungsi setiap kode tulisan yang berada di ban motor brader. Salam diatasroda! (ferisbarru)

ban tubeless

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular