Jerman Target 1 Juta Stasiun Pengisian Mobil Listrik pada 2030

FRANKFURT, iNews.id – Jerman menargetkan memiliki satu juta unit stasiun pengisian mobil listrik pada 2030. Hal tersebut disampaikan Kanselir Jerman Angela Merkel dalam pesan video menjelang pertemuan dengan industri mobil tentang bagaimana mempercepat perpindahan kendaraan listrik.

“Untuk tujuan ini, kami ingin membuat sejuta titik pengisian pada 2030, dan industri harus berpartisipasi dalam upaya ini. Itulah yang akan kita bicarakan,” ujar Merkel, seperti dilansir dariĀ Reuters, Kamis (4/11/2019).

Stephan Weil, perdana menteri di negara bagian Lower Saxony, tempat Volkswagen berpusat, mengatakan, pihaknya ingin melihat komitmen 100.000 pengisian mobil listrik publik pada 2021.

Weil adalah anggota dewan pengawas di Volkswagen yang berkomitmen beralih ke mobil bertenaga baterai, tetapi perlu melihat lebih banyak infrastruktur pengisian agar dapat memasarkannya dengan baik.

Pertemuan industri dengan Kanselir adalah yang kedua terkait masalah yang memerlukan tindakan cepat sehingga sektor transportasi Jerman dapat membantu memenuhi target emisi nasional.

Calon pembeli menyebutkan kurangnya infrastruktur bahan bakar menjadi alasan mereka menghindari mobil listrik. Jerman sendiri saat ini hanya memiliki 20.000 titik pengisian baterai mobil listrik.

Terlepas dari alternatif listrik untuk mobil berbahan bakar bensin dan diesel, pemerintah juga akan mengeksplorasi kendaraan berbahan bakar sel hidrogen, dengan biaya subsidi untuk menarik pembeli.

Weil mengatakan Berlin harus mempermudah ketentuan untuk mendanai kompensasi dalam jangka pendek. Dia menyebutkan undang-undang sektor sewa dan properti perlu disederhanakan untuk membuka jalan bagi lebih banyak titik pengisian publik dan rumah.

“Waktu yang sangat menuntut ada di depan mata untuk industri otomotif Jerman yang harus disertai secara aktif pembuat kebijakan,” katanya.

Editor : Dani Dahwilani


Leave a Comment