Menjajal 3 Mobil Sport Toyota, GR Supra Sempurna

BOGOR, iNews.id – Toyota memberikan kesempatan kepada media untuk menjajal tiga mobil sport andalannya, yaitu Toyota 86, Toyota CH-R, dan GR Supra di Sirkuit Sentul, Bogor, Jawa Barat. Bagaimana sensasi memacu ketiga mobil ini.

Pada sesi pertama, iNews.id berkesempatan menjajal mobil sport Toyota 86 legendaris. Begitu masuk ke dalam mobil bertransmisi manual 6-percepatan ini aura sportnya sangat terasa.

Untuk menghidupkan mobil ini, cukup menginjak kopling lalu tekan tombol start engine. Bagi yang terbiasa dengan kendaraan matik, memang butuh penyesuaian terutama saat perpindahan gigi.

Pada saat pedal gas ditekan, terdengar raungan suara khas mobil sport memacu adrenalin. Benar saja begitu gas diinjak mobil ini langsung berlari. Untuk mencapai 100 km per jam hanya butuh waktu beberapa detik.

Mobil kedua yang ditunggangi iNews.id adalah Toyota CH-R. Mobil ini belum dimodifikasi dan masih versi standar. Namun, berkat platform Toyota New Global Architecture mobil terasa nyaman dan stabil walau dipacu di lintasan sirkuit.

Kendaraan ketiga yang dijajal iNews.id sebagai masterpiece adalah Toyota GR Supra. Aura racing mobil seharga Rp1,995 miliar ini sudah terlihat pada pandangan pertama di lintasan.

Begitu masuk ke dalam kabin, meski sebagai mobil sport namun mobil ini sangat nyaman dengan interor mewah. Berkat berbagai teknologi canggih yang disematkan, GR Supra sangat mudah dikendarai walaupun bagi pemula. Begitu pedal gas diinjak, raungan dan performa mesinnya sangat terasa.

Wheellbase 2.470 mm dengan pusat gravitasi yang rendah memberikan kestabilan saat berkendara, terutama saat menikung. Distribusi berat kendaraan dibuat seimbang 50:50 antara bagian depan dengan belakang, membuat mobil ini begitu stabil saat melintasi tikungan.

Driveability terasa kuat berkat gardan GR Supra yang dilengkapi teknologi Limited Slip Diffrential (LSD) yang dikontrol secara elekronik. Fitur ini mampu membuat mobil meluncur mulus saat di tikungan, dan bisa dipacu segera begitu berada pada track yang lurus. Tak heran, untuk mendapatkan kecepatan 150 km per jam hanya butuh waktu beberapa detik.

Menggendong mesin 3.000 cc turbo 6- silinder segaris, GR Supra dilengkapi transmisi 8-speed Sport Automatic, GR Supra mampu menghemburkan tenaga maksimal 340 PS yang dicapai pada putaran mesin 5.000-6.500 rpm, dan torsi maksimal sekitar 500 Nm pada putaran 1.600-4.500 rpm.

Sayang, kesempatan jurnalis menjajal mobil ini terbatas. Masing-masing media hanya mendapat kesempatan satu putaran. Meski demikian, ini menjadi pengalaman istimewa memacu supercar legendaris Toyota GR Supra di Sirkuit Sentul.

Editor : Dani Dahwilani

Leave a Comment