Musim Hujan, Ini Bagian Sepeda Motor yang Harus Anda Perhatikan

JAKARTA, iNews.id – Beberapa wilayah di Indonesia sudah memasuki musim hujan. Bagi Anda yang suka riding, selain perlengkapan berkendara, pengecekkan sepeda motor wajib dilakukan agar perjalanan Anda lancar.

“Persiapan menghadapi musim hujan, ada baiknya cek komponen-komponen kecil pada motor. Ini yang kerap diabaikan,” ujar pemilik bengkel Beji’s Motor, Anjas Marbun saat berbincang dengan iNews.id, beberapa waktu lalu.

Menurut Anjas, mengecekan sederhana periksa cangklongan atau karet penutup busi. Jika karet busi sudah rusak, air mudah masuk yang dapat menyebabkan sistem kelistrikan motor terganggu dan bisa menyebabkan motor mogok.

Selanjutnya, cek karburator untuk motor non-injeksi. Bagian ini wajib mendapat perhatian terutama di bagian selang. “Khusus motor non-injeksi, selang udara yang ada di karburator itu harus selalu diperhatikan. Takutnya hilang atau rusak,” katanya.

Selain itu, cek bagian kelistrikan terutama kondisi baterai (aki) dan pastikan aki dalam kondisi pengisian penuh. Kemudian periksa kabel-kabel, khawatir ada yang terkelupas. Ini berbahaya (korsleting) jika terkena air.

“Periksa bagian aki apakah tekor atau tidak. Kemudian cek kabel-kabel, takut ada yang terkelupas biar tidak jadi masalah nantinya kalau kena cipratan air. Jangan lupa cek bagian lampu, jangan sampai ada yang mati,” ujar Anjas.

Terakhir, ganti ban yang sudah mulai gundul dengan yang baru. Ini agar daya cengkram ban motor di jalan basah lebih baik sehingga tidak mudah terpleset .

Leave a Comment